Langsung ke konten utama

Si Mangkuk Hijau, Keindahan Terasing di Balik Tebing

KOMPAS.com - Sebuah keindahan lanskap pantai terselubung dan terasing di balik bukit dan rimbunya pepohonan. Untuk menuju ke tempat ini Anda harus menuruni ratusan anak tangga hingga akhirnya terhidanglah bentang alam yang menakjubkan.

Bila tujuan Anda ke Bali sekedar mengunjungi keindahan Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau Pantai Nusa Dua maka keindahan pantai yang satu ini pasti akan memberikan kesan yang lebih mendalam. Itu karena setiap sudutnya begitu indah dan memesona.

Keindahan alam pantainya berbeda karena berpadu dengan ketenangan suasana yang ditawarkan sehingga membuat jatuh hati siapapun yang mengunjunginya. Peselancar asing menamakannya Pantai Green Bowl, Pantai Bali Cliff, atau kadang pula menyebutnya Hidden Beach. Apapun namanya yang pasti keindahannya begitu menawan hati.

Disebut Green Bowl atau mangkuk hijau karena setiap air laut surut maka akan membentuk mangkuk dari karang-karang yang berwarna hijau saat Anda lihat dari atas bukit. Ada pula yang menyebut Pantai Green Bowl karena dulu ada perusahaan yang bernama PT. Green Bowl yang berencana membangun resor di dekat pantai ini.

Sementara sebutan Bali Cliff  berasal dari nama sebuah hotel yaitu Bali Cliff yang berada tepat di atas tebing pantai ini. Sedangkan, nama Hidden Beach menggambarkan lokasi pantai ini yang memang tersembunyi di balik tebing tinggi dan semenanjung bukit.

Dari tiga nama di atas yang paling populer adalah nama Pantai Green Bowl, terutama di kalangan peselancar mancanegara. Sebuah penamaan yang terdengar indah dan lebih komersil.

Pantai Green Bowl serupa kondisinya dengan Pantai Karma Kandara dan Pantai Nyang Nyang. Ketiganya berada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini menawarkan kepada Anda sesuatu tempat yang berbeda dengan suasana pantai yang sepi dan alami. Di sinilah liburan Anda akan lebih berkesan dan terasa eksklusif.

Letaknya tersembunyi di balik tebing, memiliki pasir yang putih bersih dengan air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya para peselancar umumnya yang mengenal tempat ini.

Anda akan dapati mereka datang bergerombol memangku papan selancar untuk menuruni ratusan anak tangga yang di sekililingnya adalah pepohonan dan sesekali muncul kera. Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam.

Meski pantai ini belum ada di guide book wisata ataupun paket perjalanan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini letaknya tidak jauh dari Denpasar ataupun Kuta. Ketiganya berada di Semenanjung Bukit, di antara Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu.

Begitu Anda tiba di parkiran maka Anda langsung disajikan pemandangan pantai yang luas dan indah dari atas tebing. Silahkan menuruni anak tangga untuk menuju bibir pantainya. Nikmatilah perjalanan menuruni ratusan anak tangga ini sambil menghirup udara segar dan hembusan angin pantai.

Setibanya di bawah maka sambutan kedua adalah hamparan pasir putih nan lembut, laut hijau kebiruan dan terpaan angin yang sejuk. Amatilah bagaimana awan putih yang berserakan di langit biru mempercantik pantai ini. Amatilah bagaimana butiran pasir putihnya yang berukuran besar dan berbeda dari butiran pasir pantai lainnya di Bali.

Di sini Anda dapat langsung lihat juga sebuah gua yang dihuni ratusan kelelawar. Pada siang hari, kelelawar tersebut tidur menggantung di bagian atap gua. Malam harinya, mereka terbang keluar untuk mencari makan. Seakan sudah terbiasa dengan kehadiran para pengunjung, mereka tetap tidur nyaman di dalam gua ini.

Anda bisa menjelajahi pantai ini dengan leluasa tanpa terganggu pengunjung lain. Bagi Anda penggemar selancar, Anda bisa menaklukkan ombaknya.

Selain berselancar dan snorkeling, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang, berjemur, ataupun sekedar bermalas-malasan di tepi pantai sambil membaca buku. Bahkan untuk bermain pasir seperti anak-anak pun sah-sah saja Anda lakukan.

Anda dapat menyaksikan peselancar yang asyik menari-nari di atas ombak. Tempat ini menjadi pantai favorit peselancar dunia karena ombaknya yang bagus. Meski peselancar yang datang tidak sebanyak di Pantai Kuta, Pantai Dreamland, ataupun Pantai Padang-Padang tetapi justru menyajikan suasana pantai tenang dan sepi.

Tidak ada suara bising kendaraan bermotor maupun pedagang asongan di pantainya. Hanya ada beberapa peselancar, turis asing yang berenang, berjemur, ataupun snorkeling di pantai ini.

Letaknya yang tersembunyi di balik tebing, membuat pantai ini selalu terjaga dan bebas polusi. Sangat sepi tidak seperti sebagian besar pantai lainnya di selatan Bali. Pantainya juga masih alami, cocok bila Anda ingin berlatih yoga atau meditasi dengan suasana alam yang damai. Di sini Anda bisa melakukan apa pun tanpa ada yang mengganggu.

Pantai Green Bowl jarang dipublikasikan di media massa, sehingga belum banyak turis yang mengetahui keberadaan pantai ini. Akan tetapi, mungkin inilah yang membuatnya unik, sebuah tempat indah tersembunyi, tempat untuk sejenak menjauh dari hiruk pikuk keramaian wisata Bali. (ANGKE/HIM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal