Langsung ke konten utama

Honda Vario, Robocop MEFRIK


Selain Pulau Seribu Pura, Bali juga sudah lama terkenal sebagai kotanya matik. Selain penjualan motor standar atau baru, gairah modifikasi matik juga hebat di wilayah ini. Banyak sekali konsep baru hadir dari Pulau Dewata. Kali ini sebuah Vario hadir seperti robot dengan penerapan beberapa inovasi di beberapa sektor. 

Motor ini milik Eko Budhi Harianto. Dia juga yang memodifikasinya. "Konsep yang coba diterapkan adalah Robocop atau bentuk yang modern. Tapi, pastinya tetap dalam koridor MEFRIK sesuai standar MOTOR Plus," mantap Eko.

Inovasi pertama yang dilakukan adalah dengan membuat mono arm di rode depan. Tentunya ini membuat motor terlihat sedikit unik. Ditambah lagi dengan menggunakan pelek mobil.

"Kita buat suspensi depan itu menggunakan pipa diameter 2,5 inci yang digabungkan dengan sok variasi," tambah Eko. Supaya lebih rapi dilihat, dilapisi lagi dengan kondom dari bahan fiber. Dengan begitu, bentuknya lebih enak dilihat.

Bukan hanya itu, cover CVT juga dibungkus ulang dengan fiber. Dengan begitu, bentuknya sudah tidak standar lagi. Tampil beda dan menjadi rapi. Jurus modifikasi yang boleh untuk ditiru. 

Tampilan depan memang menjadi salah satu poin yang menarik perhatian. Selain masalah suspensi tadi, bentuk bodi depan juga sudah berubah. Tidak mau repot dengan cuztomizing di sektor ini, Eko juga memasang bodi depan dari Honda Airblade yang beredar di Thailand. Lengkap berikut lampu.

"Selain efek mengubah bentuk depan, bodi ini juga menjadi patokan dalam membuat bodi kit di tengah dan belakang," tambah pria 32 tahun ini.

Memang seluruh detail bodi saat ini sudah tidak seperti Vario lagi. Hanya tarikan garis utamanya  saja yang masih menjadi ciri skubeknya Agnes Monica ini.

"Untuk beberapa bagian dibuatkan bodi kit, bahkan buritan diubah menjadi runcing dan layaknya motor sport," tambahnya. Maksud bergaya sport tadi karena sekarang jok sudah menjadi single sitter. Suatu tampilan yang sebenarnya rada sedikit nyeleneh.

Buritan yang menjadi runcing ini ini diikuti dengan roda belakang yang didorong mundur. Istilahnya ditambah undur-undur seperti  yang banyak dipakai oleh penganut aliran low rider. "Saya tambah panjangnya sekitar 13 cm," cuap Eko yang bersyukur selamat dari bencana gempa yang melanda Bali kemarin.

Langkah terakhir adalah dengan mengganti setang dengan model Robocop. Bagi penikmat modifikasi di seputaran Jakarta, setang seperti ini memang sudah jarang yang menggunakan. Tapi, karena konsep motornya yang mengarah ke robotic, tentunya akan menjadi pas. Ditambah lagi spidometer digital,

Sip dan sesuai tema!    (www.motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban: Deli tire 140/70-14
Pelek: Custom
Sok belakang: YSS
Head lamp: Airblade
Setang: Top Secret
Spidometer: Koso
Knalpot: Supertrap
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Ade

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal