Langsung ke konten utama

Kenali Pemicu Ketombe

KOMPAS.com — Ketombe, sisik-sisik halus berwarna putih yang kerap memenuhi kerah dan pundak, merupakan permasalahan rambut yang kerap dikeluhkan. Meski dapat dikendalikan dengan perawatan, kulit yang berketombe lebih rentan terhadap infeksi.

Para ahli menyatakan, ketombe tidak ada kaitannya dengan kebersihan rambut atau kebiasaan mencuci rambut. Ketombe pada dasarnya merupakan pengelupasan kulit kepala secara alami akibat pergantian lapisan sel kulit paling luar.

Siklus pengelupasan kulit kepala (scalp) ini normal selama jumlahnya sedikit. Pada beberapa kasus intensitas siklus tersebut meningkat dan disertai peradangan sehingga mengakumulasi tumpukan kulit mati pada scalp. Inilah yang mengakibatkan sisik atau ketombe terlihat lebih banyak.

Meski begitu, para ahli belum mengetahui mengapa ada orang yang mengalami siklus lebih cepat. Salah satu dugaan adalah karena jamur pemakan lemak yang disebut Pityrosporum ovale yang sering ditemui pada orang-orang yang menderita ketombe berat.

Jamur tersebut bisa muncul karena berbagai sebab, antara lain, fluktuasi hormonal, gangguan saraf tertentu seperti parkinson, stres, atau gangguan kekebalan tubuh. Perubahan musim juga diduga memengaruhi siklus berat-ringannya ketombe.

Bila serpihan ketombe tampak besar-besar, berminyak, disertai kemerahan di sekitar hidung, telinga, atau dada, berarti menderita jenis ketombe yang parah, yakni dermatitis seboroik, atau bahkan mengalami psosirasi kulit kepala. 

Dermatitis seboroik dapat menyebabkan ketombe yang membandel disertai dengan rasa gatal. Penyakit ini sering kali diturunkan dan biasanya muncul pada saat stres. Untuk mengetahui berat ringannya kondisi yang diderita, perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal