Langsung ke konten utama

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!




Main di mana saja yang penting psiton 58 mm
Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller!

“Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu.

Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty.

Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Tangerang, Banten. “Pemasangan platuk yang dicomot dari Honda Blade ini membuat bentuk atau profil kem berubah” sebut Abdul.

Profil kem diubah menjadi membulat. Sehingga, roller bisa menekan kem sempurna. Maka itu, kem ditambah daging lebih dulu lewat las argon. Hasilnya lift klep in bisa 9,3 mm dan klep ex 9,1 mm. “Durasi kem sendiri dibuat jadi 268º,” tambah tunner yang akrab disapa Kelink ini.

Pelatuk roller pun tak bisa terpasang sempurna jika tanpa ubahan. “Memasang peranti itu, hanya cukup memperlebar 9 mm pada pada tempat dudukan rocker arm yang lama. Jadi, antara pelatuk dan setelang atau batang klep bisa center,” tambah pria yang kerap menukangi pacuan road race juga.


Pelatuk roller andalkan milik Honda Blade (kiri) - Kem dibentuk ulang profilnya sesuai karakter pelatuk roller (tengah) - Piston dibuat lebih ringan lewat papasan dinding bagian bawah (kanan)

Kelar bermain roller, penyesuaian regulasi tentu dilakukan di bagian piston. Supaya kapasitas mesin menjadi bengkak, maka piston diganti pakai milik Suzuki Thunder 125 oversize 100. Yap, jadi 58 mm. Kan, diameter standarnya 57 mm.

Masih soal piston! Supaya kompresi menjadi 14,3 : 1, Keling membuat dome piston setinggi 1,5 mm. Kalau dihitung dari lubang pen, tingginya keseluruhan menjadi 14 mm.

Pada bagian dinding bawah piston, juga ikut dipapas 1,5 mm. Pemapasan itu dilakukan agar piston jadi lebih enteng dan power mesin yang dihasilkan makin padat. Sehingga putaran bawah lebih terdongkrak!

Mekanik yang memang berkulit hitam ini, melanjutkan ke silinder head. Lantaran klep tidak boleh diubah, Kelink hanya menyesuaikan lebar kubah mengikuti diameter seher. Untuk kompresi yang diinginkan. Pria yang gila bali ini pun memapas head sebanyak 1,4 mm. “Itu supaya power bawah jadi tambah cepet,” ucap mekanik yang suka minum kopi ini.

Terakhir, mekanik yang suka ngelamun sendirian ini, memodifkasi knalpot standarnya dengan cara dibobok. “Biar putaran atasnya ikut terdongkrak. Rpm makin tajam dan suaranya makin merdu,” tutup mekanik yang punya gaya rambut belah tengah ini.

Gazzz...! (motorplus-online.com)

Komentar

  1. Serem bener motonya bisa ampe kaya gitu.

    BalasHapus
  2. minta nmer hp bengkel nya dong .
    sekalian kasih rincian budget nya om .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada nopenya kk...
      coba datang langsung aja
      Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Tangerang, Banten

      Hapus
  3. Di noken as nya ada perubahan dong om?

    BalasHapus
  4. Dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm. Padang.
    Dekat sma 4 dan tidak jauh dari kampus upi
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762


    Terimakasih atas kunjungannya.

    Lapak Ane yang lain gan
    | |



    http://ilmotor.blogspot.com/?m=1
    | |



    http://ilmotorlubegpadang.blogspot.com/?m=1
    | |


    Sokbreker Depan
    Rp 965.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Rem Depan (Disc) Rp 75.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Rem Belakang Rp 42.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Kopling Rp 79.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Saringan Udara Rp 26.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Gir Set
    Rp 164.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Piston
    Rp 140.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Ring Piston
    Rp 135.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Kabel Gas
    Rp 53.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC CDI
    Rp 425.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Bohlam Lampu Depan Rp 20.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Bohlam Lampu Belakang Rp 20.000

    Yamaha Jupiter MX 135 LC Sokbreker Belakang Rp 333.000

    Yamaha Jupiter Z Kampas Rem Depan (Disc) Rp 70.000

    Yamaha Jupiter Z Kampas Rem Belakang
    Rp 29.000

    Yamaha Jupiter Z Kampas Kopling
    Rp 87.000

    Yamaha Jupiter Z Saringan Udara
    Rp 35.000

    Yamaha Jupiter Z Gir Set
    Rp 133.000

    Yamaha Jupiter Z Piston
    Rp 40.000

    Yamaha Jupiter Z Ring Piston
    Rp 52.000

    Yamaha Jupiter Z Kabel Gas
    Rp 24.000

    Yamaha Jupiter Z CDI
    Rp 248.000

    Yamaha Jupiter Z Bohlam Lampu Depan Rp 20.000

    Yamaha Jupiter Z Sokbreker Belakang
    Rp 229.000

    Yamaha Mio 115 cc Kampas Rem Depan/set Rp 75.000

    Yamaha Mio 115 cc Kampas Rem Belakang Rp 37.000

    Yamaha Mio 115 cc Kampas Kopling
    Rp 233.000

    Yamaha Mio 115 cc Saringan Udara
    Rp 29.000

    Yamaha Mio 115 cc V-belt
    Rp 85.000

    Yamaha Mio 115 cc Roller/buah
    13.000

    Yamaha Mio 115 cc Rumah Roller
    Rp 77.000

    Yamaha Mio 115 cc CDI
    Rp 220.000

    Yamaha Mio 115 cc Relay Starter
    Rp 62.000

    Yamaha Mio 115 cc Kabel Spidometer Rp 25.000

    Yamaha Mio 115 cc Piston
    Rp 63.000

    Yamaha Mio 115 cc Ring Piston
    Rp 77.000

    Yamaha Mio 115 cc Rocker Arm
    Rp 119.000

    Yamaha Mio 115 cc Sokbreker Belakang
    Rp 141.000

    Yamaha Mio Soul 115 ccKampas Rem Depan/set Rp 75.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Kampas Rem Belakang Rp 37.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Kampas Kopling
    Rp 233.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Saringan Udara
    Rp 28.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc V-belt
    Rp 62.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Roller/buah
    Rp 13.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Rumah Roller
    Rp 57.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc CDI
    Rp 220.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Relay Starter
    Rp 62.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Kabel Spidometer Rp 25.000

    Yamaha Mio Soul 115 ccPiston
    Rp 63.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc
    Ring Piston Rp 87.000

    Yamaha Mio Soul 115 ccRocker Arm
    Rp 119.000

    Yamaha Mio Soul 115 cc Sokbreker Belakang Rp 161.000

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal