Langsung ke konten utama

First Riding Impression All New 2012 Yamaha Soul GT



Bro sekalian, Setelah Impresi Fisik dari Yamaha Soul GT 2012 Kita menginjak pada Impressi Berkendaranya ya. Warung Ijo kembali dikasihnya unit warna ijo lemooon euuy Sesaat setelah nyemplak di atas nya sangat terasa aura Mio soul/Mio series pada umumnya. Namun dari belakang kemudi terlihat juga bahwa SOul GT ini terlihat sedikit lebih langsing dari Mio Soul Pendahulunya. Saat berada di atas Jok Soul GT kedua Kaki bisa menapak dengan sempurna di aspal jalan . . . seat heightnya mirip mirip dengan seat height Mio J . . . entah berapa . .. kita tunggu info Officialnya nanti ya.



Ergonomi

Ergonomi dibangun oleh 3 titik yang dikenal sebagai segitiga ergonomi yakni handlebar, seat, dan bagaimana tumpuan kaki (lihat gambar diatas) . Secara Umum ergonomi dari Yamaha Soul GT masih mirip juga dnegan Mio series. Mungil dan kalo boleh tmcblog bilang ergonomi komuter. Ruang deknya masih terasa luas Dengkul kaki tmcblog tidak mentok di dek dan tapak kaki sempurna menjejak di dasar dek terlebih karena dasarnya yang kasar dan anti slip

Handling

Ini motor sinyalemen tmcblog sasisnya nggak jauh berbeda dengan Mio J sehingga untuk rider dengan postur tubuh mungil khas asia cukup pas dan tidak terasa memaksakan. Handlingnya lincah dan enteng . .. bro tahu kan daerah ‘seribu tikungan’ di kawasan kampung sawah kabupaten bogor ? . . . itu semua tikungan baik single maupun chicane dengan mudahnya disikat dengan safety. selain ergonomi, faktor lain yang menunjang handling ini adalah suspensi tentunya, cmiiw

Performa Mesin

Nyalain mesin . . . tunggu dulu ada suara dari arah tengki bbm . . . yup itu suara persiapan fuel pump . . . nyalakan starter . . . ada sedikit ketukan lalu suara idle Soul GT memiliki basis mesin YMJET Fi nya Yamaha Mio J . . . so jadi kebayang lah kira kira mirip performanya . .. tarik gas, ban baru muter di kisaran 5 ribu rpm menurut Yamaha, nah selama akselerasi serasa ada suara puteran plastik kipas dari daerah fan . . . namuan sayang tmcblog tidak mencoba top speed saat dipake eco riding bulak balik Bogor-Depok -Bogor sejauh 60 kilometer . . . dipake paling tinggi 70 km/jam by GPS Garmin . . . namun akselerasi memang mirip mirip dengan Mio J



Suspensi

Peredam kejut dari Soul GT yang digunakan tmcblog ini cukup pas rebound dampingnya tidak terlalu empuk dan pas kerasnya. kembali tmcblog mensinyalir spek suspensi depan dan belakang dari Soul GT ini memiliki spek yang nggak jauh berbeda dengan Mio J. Bahkan terlihat sok belakang Soul GT ini juga memiliki bentuk yang jenjang, mirip dnegan Mio J. Bagaimana bila dipakai nikung nikung, mantebb . .. nggak ada gejala ngebuang yang biasanya disebabkan setelan sok yang keliwat empuk, cmiiw. Setingan suspensi ini juga yang disinyalir membuat Soul GT tidak ngegasruk saat ngehajar polisi tidur dnegan ukuran standar perumahan.



Pengereman

Yamaha Soul GT mengadopsi sistem pengereman konvensional tromol dibelakang dan cakram satu piston segede jengkol di depan. Gimana Impressi remnya . . . dnegan mengunakan kombinasi pola pengereman 50-50 terlihat kurang bisa menghentikan kendaraan dengan cepat . . . pola pengereman yang lebih pas menurut tmcblog dari kecepatan 40-60 km/jam sampai diam ada di pola (depan-belakang) 40-60 . . kenapa begini ya? entahlah mngkin karena pola distribusi berat dimana bagian belakang skutik terasa lebih berat dibandingkan bagian depannya, cmiiw. Secara Umum Kombinasi peranti rem Soul GT ini tidak terlalu istimewa namun sudah cukup safety, cmiiw, imho



Kesimpulan sementara setelah kira kira 80 km mencoba Yamaha Soul GT ini adalah Soul GT terasa cukup friendly user sebagai sebuah skutik, walaupun sedikit lebih lebar namuan kelincahannya dalam bermanufer seperti tidak ada perbedaannya bila dibandingkan dengan Mio J. Motor motor skutik seperti Soul GT ini memang terasa lebih logis bila kita membutuhkan sepeda motor sebagai sarana untuk berkomuter. silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal