Langsung ke konten utama

Honda Dream Super Hawk, Uprising Style

Suatu kebanggaan bisa memiliki Honda Dream Super Hawk 305 cc ini. Pasalnya punya histori yang mendalam bagi pabrikan Honda. Merupakan varian pertama sport Honda dengan kapasitas mesin besar yang menembus pasar Eropa dan Amerika.

Oleh Hardian Thomas, sang pemilik motor yang memiliki dapur pacu dua silinder segaris ini direstorasi. Konsep ubahan bergaya café racer. “Bodinya dimodif seperti desain motor balap zaman dulu saat motor ini berlaga di trek balap legendaries Isle Of Man sekitar era 60-an,” jelas pria yang tinggal di Cinere, Depok ini. 

Untuk merealisasikan hasratnya, Thomas merujuk besutan ini ke rumah modifikasi Uprising. “Untuk tampilan café racer terpaksa harus melepas beberapa part standarnya. Seperti sepatbor, jok, dan knalpot bawaan motor,” jelas Ariadi Purnomo, builder sekaligus owner Uprising yang bertempat di Jl. Tirtayasa, Jakarta Selatan. 
Areal rangka standar hampir tidak di usik, alias tetap dibiarkan standar. “Memang untuk tampilan café racer biasanya rangka bawaan tidak dipotong-potong,” timpal Hermawan Baskoro yang akrab di sapa Rio. Dia dari rumah modifikasi Pistone Terasse yang ikut menggarap Honda Dream ini. 

Sebagai gantinya beberapa part yang dilepas lantas diganti komponen custom. Seperti sepatbor depan dibentuk ulang, modelnya dibuat simpel hanya menyisakan ¼ bagian roda saja. Sedangkan penutup roda belakang malah dibuat minimalis. Hanya nempel sedikit di belakang rangka.

“Areal tangki sengaja tidak ada perubahan. Masih dipertahankan sesuai aslinya, sekaligus sebagai identitas dari besutan ini,” lanjut Adi, sapaan akrab Ariadi Purnomo yang lantas membentuk ulang jok belakang seperti umumnya diaplikasi café racer. 

Biar tongkrongan motor balap makin kentara, syaratnya setang wajib diganti model lebih datar. Untuk kemudi, inspirasinya diambil dari desain setang clubman yang dicustom sendiri oleh bengkel Uprising.  “Setang yang sudah merunduk harus diikuti footstep model racing,” lanjut Rio yang mengandalkan knalpot custom. 

Tampilan besutan yang di Amerika disebut CB Silver Hawk ini lantas dipilih kelir eye cathing oleh pemiliknya. Seluruh rangka dan tangki disiram kelir merah granada. Berpadu dengan silver pada areal sepatbor. 
Inspirasi Dari NSU
Sebetulnya Honda Dream 305 cc ini varian yang identik dengan generasi sebelumnya, Honda C71 dan C72 yang berkapasitas 250 cc. Perbedaanya pada rangka. Generasi sebelumnya masih aplikasi model monokok dan sok depan model link. Sedang Honda Dream 305 atau sebutan lainnya  CB 77 sudah apliaksi frame tubular dengan suspensi depan teleskopik.

Varian ini pertama kali dirilis 1956 oleh Soichiro Honda yang merupakan founding father pabrikan Honda.  Pertama kali desain  frame dan mesin sangat dipengaruhi  besutan yang dibangun oleh NSU Motorenweke AG, asal Jerman. Inspirasi ini merupakan buah dari kunjungan Soichiro Honda ke Eropa pada 1955, termasuk melihat langsung balap Isle of Man TT.

Sedangkan buat pasar Amerika, Honda meluncurkan tipe khusus yaitu CA76. Perbedaanya mengaplikasi setang konvensional model tubular yang posisinya lebih tinggi. Pada zamannya besutan ini sangat laris di negeri paman sam.    (motorplus-online.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal