Langsung ke konten utama

Inikah Tsunami Langit?



ALABAMA, KOMPAS.com - Pada Jumat (16/12/2011) pagi, langit di wilayah Alabama mengundang kekaguman. Di langit itu, awan tampak sebagai gelombang besar dengan puncak gelombang seperti tengah bergerak maju ke depan. Warga lokal pun bertanya-tanya, inikah tsunami langit?

Para ahli mengatakan, fenomena ini erupakan contoh dari gelombang Kelvin Helmhotz. Gambaran ini bisa terjadi di lautan maupun atmosfer. Fenomena ini terjadi ketika ada lapisan fluida (udara maupun air) yang bergerak lebih cepat di atas lapisan fluida yang bergerak lebih lambat.

Contoh nyata, gelombang air terbentuk ketika fluida di atasnya berupa angin bergerak lebih cepat daripada air di permukaan. Ketika ada perbedaan kecepatan, gelombang terbentuk dan puncak gelombang akan bergerak ke depan.

Menurut Chris Walcek, pakar meteorologi dari Pusat Penelitian Atmosfer di Universitas New York, pergerakan angin yang lebih cepat di atmosfer bisa menyeret gerakan awan yang lebih lambat di bawahnya, berpotensi memunculkan fenomena mirip tsunami ini.

"Mungkin ada lapisan udara dingin di dekat permukaan tanah yang beregrak lambat. Itu mengapa awan atau kabut ada di lapisan itu. Di atas lapisan awan dingin dan bergerak lambat, lapisan udara yang lebih hangat dan bergerak lebih cepat," kata Walcek seperti dikuti Life Little Mystery, Senin (19/12/2011).

Walcek mengatakan, biasanya perbedaan suhu dan kecepatan antara dua lapisan udara kecil sehingga lapisan udara yang lebih atas hanya bergerak layaknya peselancar. Tapi, ketika perbedaannya besar, turbulensi terbentuk di antara dua lapisan itu.

Gelombang Kelvin Helmhotz terjadi ketika perbedaan dua lapisan udara terjadi di tempat yang tepat. Besarnya perbedaan mencapai ambang batas terjadinya turbulensi. Akibatnya, dua lapisan bercampur. Hasilnya berupa fenomena yang terjadi di Alabama ini. Tentu saja, ini bukan tsunami sebenarnya seperti yang terjadi Aceh ataupun di Jepang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal