Langsung ke konten utama

First Riding Impression 2012 Yamaha Mio Fino




Bro sekalian, setelah puas memandangi dan mengambil dokumentasi Mio J dan Mio Fino . . . Media dan Blogger (tmcblog sendirian) yang hadir di acara Press Con Peluncuran Mio Fino kemarin bergerak ke selasar perparkiran Cihampelas Walk Bandung Jawa Barat . . . dan di sana telah menungu 5 UnitYamaha Mio Fino siap untuk di Uji Coba. Rutenya hanya berada di kisaran Puntu masuk Cihampelas walk sampai ujung jalan menuju parkir dok belakangnya . . . Yaaah ada 200 meteran, dengan kondisi jalan aspal mulus beserta tanggul polisi tidur khas parkiran . . . Oke deh kita mulai Reviewnya


Ergonomi/Riding Possition

Saat mengetest Kendaraan Roda dua, hal pertama yang dirasakan adalah Ergonomi. Ergonomi dibangun oleh 3 titik yang dikenal sebagai segitiga ergonomi yakni handlebar, seat, dan bagaimana tumpuan kaki. Untuk Rider semungil tmcblog, Nggak ada maslah dengan posisi Ergonomi Mio Fino, Handle terasa pas, kaki nggak mentok ke dek tebeng belakang . . . namuan memang ada impresi beda ketika memegang handle bar . . . serasa Handle bar/ Setang Mio Fino kayak yang lebih ‘baplang’ dibandingkan dnegan skutik skutik biasanya nih . . . hmm kayak Byson dong? butuh sedikit pembiasaan. Jok Mio Fino cukup Lebar terlebih untuk bagian Boncenger, akan terasa sedikit ‘boros ‘ di (maap) bokong . . . namun untuk perjalanan sedikit panjang mungkin bisa lebih nyaman. Kalo Long distance riding? Biasanya sih ergonomi kayak skutik pada biasanya gini butuh dua kali berhenti jarak Bogor pelabuhan ratu buat tmcblog . . . soale biasanya IMHO rada pegel kalo dipaksaain , cmiiw

Performa Mesin

Saatnya nyalain motor . . . sama seperti skutik pada biasanya, Untuk Mio Fino pencet rem dulu lalu start dengan electric starter .. lampu headlamp langsung nyalah, hmmm sudah aho tentunya . . .Jangan Nanya top speed dan akselerasi secara Kualitatip, soale nggak proper juga ngetes variable beginian di parkiran yang banyak lalu lalang mobil tamu hotel dan mall nggak septi juga mas bro cuma Feeling tmcblog sih, karakter mesinnya memang mirip dengan duo Mio-Mio Soul. Kalo Kualitatip . .. nanti deh kalo udah test lebih komprehensip



SUSPENSI dan HANDLING

Suspensi Mio Fino cukup balans ini sempat tmcblog rasakan ketika melakukan panic braking sampai ban depan dan belakang sedikit ngelock. Sok depan mumpuni untuk menahan beban motor yang net weight 92 kg, cmiiw ketika panic braking dengan rem depan. Yang lebih signifikan mungkin handling Mio Fino ya bro . .. setang rada baplang memmang membuat feeling mengendarai Mio Fino ini bagi tmcblog lebih unik dibandingkan skutik pada biasanya, lebih anteb aja githu . . . namuan mungkin price that you have to pay adalah ketika mau selap selip di kemacetan . .. dengan setang rada baplang bisa jadi di awal awal agak sedikit kagok, cmiiw . . . sayang nggak ada barisan cone saat test ride untuk mengetest handling zigzag.




PENGEREMAN

Walaupun Tidak Seringan Beat dan Nex . . . namun Bobot Mio Fino yang sudah mengadopsi Automatic headlight On ini masih cukup lah . . . 92 kg itu mirip mirip dengan Mio sporty, so Bisa bawa Mio sporty ya bisa juga Bawa Mio Fino. Pengereman Gimana . . . satu kata . . . Rem depan Cakram dan tromol sudah cukup untuk menghentikan motor ini dari kecepatan komuter 30-70 km/jam bro bisa menggunakan kombinasi pengereman depan – belakang bisa . . . atau 40-60 atau 60-40 tergantung kebutuhan tingkat pengereman, cmiiw

Kesimpulannya, Secara Impresi riding dan spek Mio Fino cukup bejaban dengan Honda Scoopy dalam memulai mengarungi Market Red Ocean Skutik beraroma Classic dan atau Retro. Ada beberapa diferensiasi Minor yang dapat menjadi alasan Potential memilih entah keduanya . . . Mio Fino yang menggunakan mesin Mio Soul tentu membawa aura Mio yang cukup menonjol performanya, namun Scoopy tentunya tetap merupakan First Mover dan Mio Fino butuh kerja lumayan Keras untuk bisa melakukan Penetrasi di Segmen yang baru dimasuki oleh yamaha ini. You Know, Cost buat menggoyang first Mover memang nggak murah , karena harus menggoyang mindset juga, cmiiw . . . Namuan konsumen tentu merupakan yang paling diuntungkan karena mendapat banyak pilihan, bukan begitu bro . . . Tinggal kedepan, ditunggu Varian Injeksinya biar langit Indonesia semakin Biru . . . .silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Sumber : TMC Blog

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal