Langsung ke konten utama

Kwetiau Goreng




Jakarta - Kunjungan kedua kali di kopitiam ini ternyata ada banyak kejutan. Ada cakue ayam yang renyah gurih dan padat isinya. Enak dikunyah sebagai pembuka. Atau kwetiau goreng sapi lada hitam yang kenyal, gurih dan tidak manis. Makin asyik dimakan dengan iringan es teh berisi serutan halus jelly. Nikmat benar!

Demam kopitiam memang sedang melanda Jakarta. Nyaris tiap bulan ada kopitiam baru dibuka dengan beragam nama. Yang asli Indonesia sampai franchise dari negeri seberang. Kebetulan saya kembali melintasi Lau's Kopitiam. Sekali ini saya lihat sudah banyak yang berubah, sejak pertama saya mampir di kawasan Benton Junction Karawaci.

Selain lebih ramai, daftar menu yang disodorkan juga memberi pilihan beragam. Selain kaya toast dan roti bakar yang jadi andalan hampir semua kopitiam, ada pilihan yang menarik. Ada beberapa sajian pembuka juga aneka menu dessert sebagai penutup.

Sambil menanti cakue goreng ayam (Rp.15.700,00), kwetiau cah sapi lada hitam (Rp. 23.500,00) dan lo mie kangkung (Rp. 25.000,00) dibuat, semangkuk kecil camilan disajikan. Potongan kecil kulit pangsit goreng yang renyah gurih enak dikunyah sambil merintang waktu. Kriuk kriuk... gurih, sekejap saja camilan ini tandas.

Cakue goreng isi ayam disajikan panas mengepul dengan saus cabai sebagai pelengkap. Sedikit berbeda dengan cakue udang yang sangat gurih, cakue isi ayam inipun enak. Cakuenya garing renyah dengan isian yang padar. Celupan saus cabai yang pedas sedikit asam membuat cakue ini makin lengkap rasanya.

Khusus untuk kwetiau goreng, sengaja sayamemesan yang bukan seafood. Kwetiau goreng sapi lada hitam terasa lebih menggoda. Ternyata tampilannya memang menggiurkan. Warnanya kecokelatan diselingi irisan daging sapi, memaran merica hitam plus tauge dan kucai. Hmm... aroma gurih-gurih pedasnya langsung menggelitik hidung.

Slruuup... suapan pertama langsung terasa sengatan merica hitamnya. Diselingi kenyal lembut kwetiau. Daging sapinya pun empuk, dengan bumbu yang gurih enak tanpa jejak manis berlebihan. Meskipun warnanya cokelat menantang. Makin enak saat dimakan dengan tambahan sedikit saus cabai yang agak asam.

Lo Mi Kangkung yang benar-benar panas mengepul disajikan dalam hotpot tertutup, diberi pelengkap sumpit dan irisan. Hmm... saat dibuka langsung menguar aroma gurih dari kuah yang kecokelatan kental. Di bagian atasnya ada irisan daging ayam panggang yang cokelat kemerahan diselingi daun kangkung yang hijau segar dan mi hokkien yang gendut.

Rasanya kuahnya sedikit manis dengan rasa gurih yang dominan. Ayam panggangnya empuk dengan semburat renyah di bagian luarnya. Makin enak dikunyah dengan rasa kenyal mi hokkien dan renyah segar kangkung. Kucuran air jeruk limau dan sambal rawit merah membuat lo mi ini jadi gurih manis dan sedikit pedas.

Huah... rasa pedas segarpun akhirnya menguasai mulut. Sebagai pembilasnya, es teh susu jelly (Rp. 16.000,00) agaknya jadi pilihan tepat. Es teh tarik dengan irisan jelly yang halus memanjang cukup menarik. Jellynya kenyal manis dengan teh yang wangi, tak terlalu manis dan dingin.

Ternyata kunjungan kedua kali sudah memberi banyak kejutan dan perubahan dari kopitiam yang bergaya peranakan ini. Lain kali mungkin nasi lemak atau nasi hainan bebek panggang bakal jadi sasaran saya. Dengan harga yang bersaing, kopitiam bisa jadi persinggahan sepanjang hari untuk mengisi perut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Foto Hot Kirana Larasati Jadi Perbincangan

Giliran artis Kirana Larasati menjadi pembicaraan di dunia maya, setelah beredar foto-foto panas mirip wajahnya. Dua foto muncul di sebuah forum internet, sebelum kemudian mengundang penasaran dan komentar. Saat dihubungi Kirana, melalui manajernya, Yopie, Kamis (23/2/2012) mengaku belum mengetahui foto-foto yang tengah ramai menjadi perbincangan itu. Namun dengan nada yakin, bahwa foto-foto itu bukan lah Kirana Larasati. "Aku nggak percaya soal itu. Aku mau lihat dulu seperti apa fotonya," tegasnya sebagaimana dilansir detikhot.com. Dua foto tersebut menampilkan seseorang yang mirip dengan bintang film Perempuan Punya Cerita (2008) itu. Pada foto pertama, terlihat tengah berbaring santai, sementara foto kedua tengah berpose tanpa mengenakan pakaian, dengan rambut panjang yang menutup dadanya. Pada foto kedua memiliki kualitas kurang bagus, sedikit kabur. (kpl/dar)