Main di mana saja yang penting psiton 58 mm
Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller!
“Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu.
Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty.
Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Tangerang, Banten. “Pemasangan platuk yang dicomot dari Honda Blade ini membuat bentuk atau profil kem berubah” sebut Abdul.
Profil kem diubah menjadi membulat. Sehingga, roller bisa menekan kem sempurna. Maka itu, kem ditambah daging lebih dulu lewat las argon. Hasilnya lift klep in bisa 9,3 mm dan klep ex 9,1 mm. “Durasi kem sendiri dibuat jadi 268º,” tambah tunner yang akrab disapa Kelink ini.
Pelatuk roller pun tak bisa terpasang sempurna jika tanpa ubahan. “Memasang peranti itu, hanya cukup memperlebar 9 mm pada pada tempat dudukan rocker arm yang lama. Jadi, antara pelatuk dan setelang atau batang klep bisa center,” tambah pria yang kerap menukangi pacuan road race juga.
Pelatuk roller andalkan milik Honda Blade (kiri) - Kem dibentuk ulang profilnya sesuai karakter pelatuk roller (tengah) - Piston dibuat lebih ringan lewat papasan dinding bagian bawah (kanan)
Kelar bermain roller, penyesuaian regulasi tentu dilakukan di bagian piston. Supaya kapasitas mesin menjadi bengkak, maka piston diganti pakai milik Suzuki Thunder 125 oversize 100. Yap, jadi 58 mm. Kan, diameter standarnya 57 mm.
Masih soal piston! Supaya kompresi menjadi 14,3 : 1, Keling membuat dome piston setinggi 1,5 mm. Kalau dihitung dari lubang pen, tingginya keseluruhan menjadi 14 mm.
Pada bagian dinding bawah piston, juga ikut dipapas 1,5 mm. Pemapasan itu dilakukan agar piston jadi lebih enteng dan power mesin yang dihasilkan makin padat. Sehingga putaran bawah lebih terdongkrak!
Mekanik yang memang berkulit hitam ini, melanjutkan ke silinder head. Lantaran klep tidak boleh diubah, Kelink hanya menyesuaikan lebar kubah mengikuti diameter seher. Untuk kompresi yang diinginkan. Pria yang gila bali ini pun memapas head sebanyak 1,4 mm. “Itu supaya power bawah jadi tambah cepet,” ucap mekanik yang suka minum kopi ini.
Terakhir, mekanik yang suka ngelamun sendirian ini, memodifkasi knalpot standarnya dengan cara dibobok. “Biar putaran atasnya ikut terdongkrak. Rpm makin tajam dan suaranya makin merdu,” tutup mekanik yang punya gaya rambut belah tengah ini.
Gazzz...! (motorplus-online.com)
Serem bener motonya bisa ampe kaya gitu.
BalasHapusminta nmer hp bengkel nya dong .
BalasHapussekalian kasih rincian budget nya om .
ga ada nopenya kk...
Hapuscoba datang langsung aja
Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Tangerang, Banten
Di noken as nya ada perubahan dong om?
BalasHapusDapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm. Padang.
BalasHapusDekat sma 4 dan tidak jauh dari kampus upi
HP:085264100020
pin bb:29d4b762
Terimakasih atas kunjungannya.
Lapak Ane yang lain gan
| |
▼
http://ilmotor.blogspot.com/?m=1
| |
▼
http://ilmotorlubegpadang.blogspot.com/?m=1
| |
▼
Sokbreker Depan
Rp 965.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Rem Depan (Disc) Rp 75.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Rem Belakang Rp 42.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Kampas Kopling Rp 79.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Saringan Udara Rp 26.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Gir Set
Rp 164.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Piston
Rp 140.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Ring Piston
Rp 135.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Kabel Gas
Rp 53.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC CDI
Rp 425.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Bohlam Lampu Depan Rp 20.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Bohlam Lampu Belakang Rp 20.000
Yamaha Jupiter MX 135 LC Sokbreker Belakang Rp 333.000
Yamaha Jupiter Z Kampas Rem Depan (Disc) Rp 70.000
Yamaha Jupiter Z Kampas Rem Belakang
Rp 29.000
Yamaha Jupiter Z Kampas Kopling
Rp 87.000
Yamaha Jupiter Z Saringan Udara
Rp 35.000
Yamaha Jupiter Z Gir Set
Rp 133.000
Yamaha Jupiter Z Piston
Rp 40.000
Yamaha Jupiter Z Ring Piston
Rp 52.000
Yamaha Jupiter Z Kabel Gas
Rp 24.000
Yamaha Jupiter Z CDI
Rp 248.000
Yamaha Jupiter Z Bohlam Lampu Depan Rp 20.000
Yamaha Jupiter Z Sokbreker Belakang
Rp 229.000
Yamaha Mio 115 cc Kampas Rem Depan/set Rp 75.000
Yamaha Mio 115 cc Kampas Rem Belakang Rp 37.000
Yamaha Mio 115 cc Kampas Kopling
Rp 233.000
Yamaha Mio 115 cc Saringan Udara
Rp 29.000
Yamaha Mio 115 cc V-belt
Rp 85.000
Yamaha Mio 115 cc Roller/buah
13.000
Yamaha Mio 115 cc Rumah Roller
Rp 77.000
Yamaha Mio 115 cc CDI
Rp 220.000
Yamaha Mio 115 cc Relay Starter
Rp 62.000
Yamaha Mio 115 cc Kabel Spidometer Rp 25.000
Yamaha Mio 115 cc Piston
Rp 63.000
Yamaha Mio 115 cc Ring Piston
Rp 77.000
Yamaha Mio 115 cc Rocker Arm
Rp 119.000
Yamaha Mio 115 cc Sokbreker Belakang
Rp 141.000
Yamaha Mio Soul 115 ccKampas Rem Depan/set Rp 75.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Kampas Rem Belakang Rp 37.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Kampas Kopling
Rp 233.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Saringan Udara
Rp 28.000
Yamaha Mio Soul 115 cc V-belt
Rp 62.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Roller/buah
Rp 13.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Rumah Roller
Rp 57.000
Yamaha Mio Soul 115 cc CDI
Rp 220.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Relay Starter
Rp 62.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Kabel Spidometer Rp 25.000
Yamaha Mio Soul 115 ccPiston
Rp 63.000
Yamaha Mio Soul 115 cc
Ring Piston Rp 87.000
Yamaha Mio Soul 115 ccRocker Arm
Rp 119.000
Yamaha Mio Soul 115 cc Sokbreker Belakang Rp 161.000