Bro sekalian, beberapa motor sekarang banyak mengadopsi tipe muffler under engine seperti Pulsar 200NS, KTM Duke 200, Ducati 1199 Panigale, dan Kawasaki Ninja 650. Pemilihan tipe knalpot demikian biasanya berdasarkan alasan Rasio pusat bobot dari motor untuk menunjang kestabilan saat berkendara. tapi banyak pertanyaan . . . apa nggak riskan saat melibas kondisi banjir tuh knalpot tipe under engine? mari kita bahas bersama . .
Berdasarkan Video yang dishare oleh bro David Rivian via FB terlihat ada percobaan pengetesan KTM Duke 200 melibas genangan air setinggi 16,5 inchi atau hampir 42 cm. Pengetesan meliputi beberapa metode yakni : Melibas genangan sambil motor di geber jalan dengan kecepatan 15 km/jam, lalu metode kedua diam di tengah genangan sambil menyalakan mesin,
Metode ketiga dimana Motor dijalankan sampai tengah genangan, motor dimatikan dan dinyalakan kembali. Metode ke empat dilakukan dimana motor dimatikan dan didiamkan selama 30 menit di genangan air lalu setelah 30 menit dinyalakan kembali. Ke empat metode yang dilakukan di Duke 200 tetap membuat motor bisa dijalankan normal menurut yang terlihat di Video wooow
Gimana analisa awal tmcblog? terlihat sepertinya asal air tidak masuk ke ruang bakar, maka jalannya mesin tidak akan berhenti. Dan salah satu pintu masuk air ke ruang bakar yang terbuka adalah melalui saluran udara atau biasanya via box filter udara. . . . naaah sepertinya saluran udara Duke 200 jauh dari genangan air sehingga aman deh (kalo nggak salah di daerah jok) . . . silahkan dikomentari bro, semoga berguna
taufik of BuitenZorg
Komentar
Posting Komentar