Langsung ke konten utama

Fitur dan Keselamatan Berkendara

Tanpa keselamatan, penjualan tidak ada artinya. Itu yang pernah diungkapkan langsung oleh petinggi PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman suatu ketika. Kalimat itu memang benar-benar dimaknai dengan memproduksi kendaraan yang dilengkapi berbagai fitur safety.

Menurut Instruktur Safety Riding dari AHM, Made Surya, berbagai fitur keselamatan telah diterapkan Honda di beberapa motor mereka. “Selain untuk keselamatan, pemakaian ini juga untuk kenyamanan,” ungkap Made lagi.

Fitur yang paling baru adalah yakni penenrapa C-ABS alias combined antilock braking system. Aplikasi ini sudah diterapkan di motor sport Honda, yakni Honda CBR 250R.

“Sistem C-ABS pada motor ini membuat kendaraan dikurangi kecepatannya dengan cara proses buka-tutup, buka-tutup piston kaliper,” rinci Made Surya yang asli Bali ini.

Ketika ban mengunci akan sulit dikendalikan. Apalagi saat ketemu jalan licin, pastinya dapat mengakibatkan motor tergelincir. “Penerapan C-ABS ini, akan membantu pengendara mengendalikan motor,” tambah Toni Purnama, kordinator safety riding dari PT Wahana Makmur Sejati, main-dealer Honda untuk wilayah Jakarta-Tangerang.

Aplikasi keselamatan lainnya, side stand switch. Teknologi ini sudah diterapkan di semua skubek Honda. Fitur ini sepintas mirip sakelar yang berfungsi mematikan power mesin saat standar samping motor digunakan.

“Sering dan banya sekali pengendara yang lupa menaikan standar samping. Maka dari itu, Honda mendesain fitur ini agar mengingatkan pengendara untuk menaikan standarnya sebelum berangkat,” sebut Toni lagi.

Fitur parking brake lock merupakan fitur pengunci rem belakang motor. Teknologi ini sudah diaplikasikan pada Vario CBS Techno dan BeAT. “Fitur ini berguna saat motor di parkir dengan side stand dan memiliki kontur tempat parkir miring. Motor dipastikan tidak akan ngegelosor,” yakin Surya.

Cara mengaplikasikannya mudah. Cukup menekan pengunci pada tuas rem sebelah kiri. “Sementara untuk menon-aktifkannya juga mudah. Tekan tuas kembali, maka parking brack lock sudah tidak berfungsi,” ungkap Toni.

Hal lain yang tidak kalah penting di skubek adalah saat menghidupkan mesin. Beda dengan motor bebek atau sport yang kudu memindahkan persneling. “Makanya, di skubek, diberi tambahan fitur untuk start, baik pakai electric maupun kick starter. Yaitu, mengaktifkan rem, baik itu rem depan maupun rem belakang,” sebut Toni. (motorplus-online.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Foto Hot Kirana Larasati Jadi Perbincangan

Giliran artis Kirana Larasati menjadi pembicaraan di dunia maya, setelah beredar foto-foto panas mirip wajahnya. Dua foto muncul di sebuah forum internet, sebelum kemudian mengundang penasaran dan komentar. Saat dihubungi Kirana, melalui manajernya, Yopie, Kamis (23/2/2012) mengaku belum mengetahui foto-foto yang tengah ramai menjadi perbincangan itu. Namun dengan nada yakin, bahwa foto-foto itu bukan lah Kirana Larasati. "Aku nggak percaya soal itu. Aku mau lihat dulu seperti apa fotonya," tegasnya sebagaimana dilansir detikhot.com. Dua foto tersebut menampilkan seseorang yang mirip dengan bintang film Perempuan Punya Cerita (2008) itu. Pada foto pertama, terlihat tengah berbaring santai, sementara foto kedua tengah berpose tanpa mengenakan pakaian, dengan rambut panjang yang menutup dadanya. Pada foto kedua memiliki kualitas kurang bagus, sedikit kabur. (kpl/dar)