Langsung ke konten utama

11 Trik Upgrade Performa Kawasaki Ninja 250 FI, Naik 4,59 dk!





Jakarta
 - Kawasaki Ninja 250 FI yang berkeliaran di jalanan sebagian penggunanya sudah meng-upgrade performanya. Berbagai macam cara dilakukan dengan mengaplikasikan peranti PnP bahkan ada yang mengakalinya alias custom.

Seperti dilakukan Edi Budiyawan, di tunggangan miliknya. Besutannya kerap dioprek sebagai kelinci percobaan alias riset di bengkelnya. Pasalnya, pria ramah ini doyan utak-atik atau menemukan jurus jitu buat upgrade performa si Ninin itu.

“Jurusnya cukup mudah, gak perlu di bore-up atau porting-polish. Cuma utak-atik komponen standar pabrikan. Ini sudah dibuktikan buat fun race dan dipakai harian maupun turing. Besutan konsumen ada yang sudah digarap, aman dan akselerasi enak,” papar owner AceVentura Custom (AVC), daerah Lenteng Agung, Jaksel.

Dari ubahan itu, tunggangan yang lahir tahun 2013 ini cukup signifikan di power dan torsinya. Terbukti saat dinaikkan ke alat tes Pro Dynojet V.4 merek Rextor milik bengkel AVC itu. Bagaimana dengan biayanya? “Cuma Rp 5 juta terima beres, bro!” promo pria ramah ini.

Dari data kenaikannya didapat 4,59 dk dengan tenaga ubahan 30,8 dk/10.518 rpm dan standarnya 26,21 dk/10.800 rpm. Sedang torsi upgrade 22,27 Nm/8.960 rpm dan pabrikan hanya 17,87 Nm/10.000 rpm (naik 4,37 Nm). Edan! Jadi, penasaran apa aja sih yang diutak-atik?

Nih, step-step-nya, bro!
TUTUP LUBANG O2
Di boks filter udara N250 FI terdapat lubang O2. Guna mengurangi suara knalpot nembak-nembak, maka lubang tersebut ditutup dengan baut model ring.

THERMOSTAT
Agar sirkulasi radiator langsung bekerja, maka thermostat bawaan pabrik sudah gak dipakai lagi alias dikeluarkan. Sehingga mesin gak mudah overheat dan kipas akan menyala ketika mesin benar-benar panas.

KNALPOT
Sudah pasti knalpot sebagai komponen vital untuk upgrade performa. Untuk itu, Edi pakai peranti full system yang di-custom ulang, agar pembuangan lebih plong.

SETEL AIR SCREW
Meski besutan sudah berinjeksi, tapi setingan angin di tunggangan diubah sesuai permintaan mesin. Yakni, air screw tersebut ada di throttle bodi.
PAKING BLOK DAN HEAD SILINDER
Membuat tenaga lebih padat dan akselerasi terus mengisi, maka paking di blok dan head N250 FI hanya pakai satu paking dari 3 paking.

SETING SIM KLEP
“Untuk clearance-nya, setingan sim klep pake 20 in dan 25 ex. Tujuannya mengurangi panas akibat gesekan noken dan kinerjanya lebih cepat,” jelas Edi.

TPS (Throttle Position Sensor)
Dengan memanipulasi sinyal listrik ke ECU agar memerintahkan injektor memberikan semburan bensin lebih deras (kiri) atau irit (kanan). Yakni, dengan mengendurkan baut pegangan di TPS.

KOIL

Pembakaran menjadi optimal dengan menggantikan produk aftermarket yang berlabel Ultraspeed.

COAK SEHER

Agar kinerja piston makin ringan, maka dinding seher diberikan got atau dicoak. Sehingga pelumas bisa menyelinap dan melumasi ke semua dinding silinder

KOIN BUTTERFLY
Di throttle body (TB) terdapat dua koin butterfly. “Karena mengejar pasokan udara yang masuk semakin banyak dan gak tertahan ke TB, maka komponen itu dicopot,” ujarnya.

ADITIF OIL
Menurut pria ramah ini, Lupromax merupakan aditif yang cukup bagus. Alhasil, cairan tambahan itu dimasukkan ke dalam oli mesin. (motor.otomotifnet.com)

Standar Power: 26,21 dk/10.800 rpm 
Torsi: 17,87 Nm/10.000 rpm 

Upgrade 
Power: 30,8 dk/10.518 rpm 
Torsi: 22,27 Nm/8.960 rpm 

AceVentura Custom (AVC) : 021-93051133

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha Mio Sporty, Pelatuk Roller Jadi Senjata!

Main di mana saja yang penting psiton 58 mm Hingga kini, Mio lansiran 2010 milik Marsyad selalu menang saat diadu balap trek lurus 500 meter malam hari. Senjatanya pamungkasnya, ada di pelatuk kem model roller! “Dari pertama buat sampai saat ini, motor belum pernah kalah. Asalkan, spek yang diadu sama dengan regulasi. Yaitu, pakai piston diameter 58,5 mm, klep aslinya, stroke standar dan pengapian masih tetap bawaan pabrik. Setiap menang, wajib hukumnya untuk bongkar mesin. Supaya tidak ada kejanggalan satu sama lain,” jelas Marsyad yang warga Tangerang, Banten itu. Lanjut! Pemakaian roller rocker arm bikin kinerja pelatuk dan kem jadi lebih ringan gesekan. Akibatnya, putaran mesin jadi tidak terbebani. Selain itu, panas yang dihasilkan bisa di bawah pelatuk biasa. Ini menggeser pelatuk model konvensional yang diusung Yamaha Mio Sporty. Soal racikan engine, Marsyad mempercayakan ke Abdul Syukur. Doi, mekanik dari bengkel Auto Sonic (AS) di Jl. Masjid Al-Gofur, Pondok Aren, Ta

Review SOUL GT (temen ane dari kaskus : ikhsanlie ►)

review awal testing hari jumat-sabtu kemarin (nilai plus): -Suara mesin halussss bgt overall puas ane gan -Stater lumayan haluslah walau gak sehalus new vario 125 ane,tp overall ane puas gan -Getaran mesin halus dibanding mio ade ane & nouvo z ane, ini mio soul GT getarannya halusss overall ane puas gan -Ergonomi & kenyamanan posisi riding overall ane puas gan (ane ada;ah seorang rider dengan berat badan 125kg & tinggi 170cm) -Kenyaman posisi berboncengan juga overall ane puas gan (posisi footstep boncengers nyaman gan) -Cahaya lampu utama depan sebaran diaspal cukup baik,fokus & terangnya menurut ane lebih bagus dibanding new vario 125 & nouvo z ane, jd overall ane puas juga (walau agak kecewa dengan adanya AHO ) -Bodynya,lekukannya,stripingnya & emblem mio GT nya ane puas banget gan,demen banget ane lihatin lekukan bodynya -Walaupun motor menurut ane cukup pendek, tapi entah mengapa tiap ane lewat poldur gak mentok gan, ane puas deh dibanding dulu

Paket Bore-Up 130 cc Honda Beat, Kompetisi Dan Harian Monggo!

OTOMOTIFNET - Buat motomania yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc. Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race). Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7. Mau tau paket bore-up 130 yang ditawarkan bengkel? Gampang! Intinya, “Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,” ucap Jessi Ligasiswanto alias Coki, bos JP Racing di Jl. Cendrawasih No.6EF, Sawah Lama, Tangerang, Banten, salah satu penggarap skutik bore-up balap. Piston Demi tingkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar (gbr.1). Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. “Kal